Menuju Keberhasilan

“Friendly Major for Future IT Pro”

Program Studi Informatika

Dengan mempersiapkan kompetensi lulusan Informatika di bidang rekayasa perangkat lunak,
Program Studi Informatika memiliki peran dalam pembangunan industri IT baik dari pendidikan, pengabdian pada masyarakat, serta riset teknologi bagi kemajuan tanah air dan bangsa.

Visi

    Menjadikan program studi yang dapat menghasilkan sumber daya manusia yang profesional di bidang informatika dan dapat beradaptasi terhadap perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam lingkungan global.

Misi

  • Menyelenggarakan program pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat bidang informatika yang menunjang pengembangan dan penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi.
  • Menciptakan lingkungan yang kondusif bagi kegiatan belajar mengajar yang efektif dan efisien sehingga dapat menghasilkan lulusan yang kreatif dan inovatif dalam bidang Informatika.
  • Menggali kekhasan akademik (memiliki bidang konsentrasi khusus yang tidak banyak dimiliki/dikuasai program studi Teknik Informatika lain), sebagai daya saing dan positioning melalui kegiatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam pengembangan dan penerapan bidang ilmu Teknik Informatika.
  • Mengembangkan kerjasama institusi baik dalam maupun luar negeri untuk menciptakan keterkaitan dan relevansi pendidikan dengan kebutuhan pasar/industri dan selaras dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Tujuan

  • Menghasilkan lulusan Sarjana Teknik Informatika yang berkualitas dan mampu bersaing secara global.
  • Menghasilkan penelitian dan publikasi di bidang informatika yang memberi kontribusi pada perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta menghasilkan dampak positif kepada masyarakat.
  • Menghasilkan kerjasama di bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat untuk membangun dan mendukung implementasi dan kebaruan ilmu pengetahuan dan teknologi.

Bidang Konsentrasi

Applied Networking

Mempelajari tentang teknologi, akses, desain, dan administrasi jaringan komputer untuk mempersiapkan mahasiswa agar mampu menguasai dan mengembangkan arsitektur jaringan baik skala lokal maupun terdistribusi dalam membantu membangun infrastruktur industri IT nasional.

Applied Database

Mempelajari tentang teknologi, desain, dan implementasi penyimpanan data yang terstruktur, terintegrasi, dan aman sehingga mahasiswa mampu membangun perangkat lunak berbasis data yang andal dan akurat dalam mendukung sarana IT dalam perusahaan berskala nasional.

Information Technology

Mempelajari tentang struktur, teknologi, dan alternatif solusi IT bagi bisnis dan perusahaan sehingga mahasiswa mampu memberikan jalan keluar implementasi teknologi IT terbaik untuk mendukung kemajuan dan perkembangan proses bisnis perusahaan.

Interfacing System

Mempelajari tentang perangkat keras, input, dan output pada perangkat dukung spesifik sehingga mahasiswa mampu merekayasa produk teknologi robotik, automatisasi, dan mobile yang dapat digunakan sebagai alat bantu dalam proses produksi dan layanan pada industri manufaktur nasional.

Multimedia & Game

Mempelajari tentang teknologi, desain, dan implementasi alat bantu perangkat lunak multimedia serta pembangunan game sehingga mahasiswa mampu mengembangkan produk dan solusi di bidang multimedia dan game untuk mendukung kemajuan industri multimedia dan game nasional.

Standar Mutu Lulusan

Index Prestasi

75% mahasiswa dituntut untuk lulus dengan prestasi sekurang-kurangnya 2,75 sehingga memiliki keunggulan dan daya saing dalam lingkungan pekerjaan dan bisnis di tengah masyarakat global.

Masa Studi

75% mahasiswa dituntut untuk lulus dengan masa tempuh studi tepat waktu 8-9 semester dengan kemampuan, kompetensi, potensi, dan prestasi yang mampu dan siap menggunakan ilmu pengetahuan yang didapat dalam perkuliahan bagi industri IT.

TOEFL

75% mahasiswa dituntut lulus menguasai bahasa Inggris minimal dengan nilai TOEFL 450 yang menjamin mahasiswa dapat sanggup mengimplementasi sekaligus mengembangkan teknologi, ilmu pengetahuan, dan karier secara internasional.

Software

75% mahasiswa dituntut lulus dengan penguasaan pengembangan dan rekayasa perangkat lunak secara cepat, tepat, dan komprehensif agar dapat digunakan untuk membantu dan membuat produk, solusi, dan layanan IT bagi berbagai perusahaan di tanah air.

Statistik Terakhir

Rata-Rata Masa Studi

Hingga akhir tahun 2014, Program Studi Informatika telah meluluskan mahasiswa dengan rata-rata masa studi hingga 5,3 tahun perkuliahan yang memastikan bahwa mahasiswa mampu segera menempuh jenjang karier lebih cepat di dunia kerja pada berbagai sektor IT.

Rata-Rata Waktu Tunggu

Hingga akhir 2014, mahasiswa lulusan Program Studi Informatika rata-rata memiliki waktu tunggu dari waktu kelulusan sampai memperoleh pekerjaan hingga 3-6 bulan, membuktikan bahwa lulusan mampu bersaing di dunia kerja dan bisnis sejajar dengan lulusan perguruan tinggi lain.

Bidang Pekerjaan

Software Developer

Menangani pekerjaan di bidang pembangunan, rekayasa, dan implementasi program aplikasi perangkat lunak sebagai solusi kebutuhan industri IT yang tepat, terpadu, dan terintegrasi di berbagai sektor berskala nasional maupun internasional.

System Analyst

Menangani pekerjaan di bidang analisa, riset, dan pengembangan berbagai alternatif solusi sistem perangkat lunak yang andal, efektif, dan efisien sesuai dengan kebutuhan sistem dalam memenuhi dukungan terhadap bisnis proses perusahaan.

Information System Architect

Menangani perkerjaan di bidang arsitektur, rekayasa, dan pengembangan sistem informasi bisnis dan perusahaan di dalam mendukung jalannya proses bisnis berskala global dengan memanfaatkan infrastruktur jaringan, database, cloud, dan perangkat mobile.

IT Consultant

Menangani pekerjaan di bidang pelayanan pencarian solusi IT bagi sektor akademik, bisnis, perusahaan, pemerintah, dan masyarakat luas sebagai produk dan jasa yang dapat dimanfaatkan secara luas baik nasional maupun internasional.

Beasiswa Menarik

Potongan Bea Masuk

Keringanan bea kuliah yang diterapkan saat membayar penuh di muka satu atau dua semester awal pada saat pendaftaran masuk salah satu program studi di Universitas Widyatama.

Beasiswa Bidik Misi

Keringanan biaya kuliah yang dapat diperoleh dari pemerintah selama mahasiswa menjalani kuliah dengan menunjukkan prestasi tinggi pada masa studi berjalan.

Beasiswa Dhuafa

Keringanan biaya kuliah yang dapat diperoleh dari Yayasan Widyatama selama mahasiswa menjalani kuliah tetapi kurang mampu dalam memenuhi kewajiban biaya studi.

Mengapa Informatika?

Kesempatan Berkarier

Pengembangan Teknologi

Testimonial Alumni