Sistem Pemantauan Dan Pemeliharaan Peralatan Lab Prodi Informatika Bisa Menggunakan Aplikasi Berbasis Web

Sistem Pemantauan Dan Pemeliharaan Peralatan Lab Prodi Informatika Bisa Menggunakan Aplikasi Berbasis Web

Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat setelah hadirnya teknologi internet dikalangan masyarakat seolah menjadi kebutuhan primer manusia karena dapat memenuhi hampir seluruh ruang kehidupan mulai dari hal yang dinilai paling kecil hingga hal yang dianggap cukup rumit semua dapat dikendalikan dan dikerjakan dengan bantuan internet. Salah satu fasilitas yang ada di internet diantaranya adalah website. Website adalah sebuah media yang menyediakan fasilitas hiperteks untuk menampilkan data berupa teks, gambar, suara, animasi, dan data multimedia lainnya. Website dapat digunakan untuk mempermudah akses informasi dalam bentuk aplikasi atau lebih dikenal dengan aplikasi berbasis web.

 

Sistem monitoring dalam pemeliharaan alat yang sedang berjalan di Lab. Perancangan Mesin saat ini pengelolaannya masih menggunakan pencatatan secara manual dengan menggunakan lembar form service yang diisikan oleh teknisi sehingga dalam pengelolaanya masih terbilang kurang efisien dan sering ditemukan kendala dalam proses penjadwalan service alat berikutnya akibat kelalain dalam pencatatan jadwal tanggal service yang tidak tercatat.

Sedangkan sistem yang dibutuhkan saat ini adalah sistem yang dapat bekerja untuk memonitor setiap proses service alat agar tidak terjadi keterlambatan pada saat penjadwalan service yang akan dilakukan oleh teknisi di Lab. Sehingga dengan berjalannya sistem aplikasi ini diharapkan dapat mempermudah teknisi dalam mengelola semua daftar alat yang terdaftar dalam riwayat penjadwalan service dan memonitor penjadwalan tanggal service alat sesuai dengan interval waktu yang telah ditentukan tanpa terjadi keterlambatan.

Berikut ini terlampir contoh lembar form service untuk penjadwalan service AC yang sedang berjalan di lab. Perancangan Mesin yang dalam proses pengelolannya masih dilakukan pencatatan secara manual dan belum ada sistem aplikasi yang berjalan sampai dengan saat ini. Seperti terlihat pada gambar dibawah ini. Halaman Dashboard ini? akan menampilkan data jumlah user yang terdaftar, jumlah alat yang terdaftar, dan jumlah service alat serta daftar riwayat service alat. Pada halaman ini admin dapat melakukan action berupa print, dan seluruh data yang telah terdaftar ini langsung terintegrasi ke database.

 

Halaman Form Tambah Service ini? akan menampilkan sebuah form yang dapat di akses oleh admin apabila akan menambahkan data alat yang telah menjalani proses service. Form tambah service ini posisinya terletak pada tanggal service berikutnya dihalaman dashboard, admin cukup mengarahkan kursor mouse dan mengkliknya pada tanggal service berikutnya maka secara otomatis akan diarahkan pada tampilan form tambah service tersebut.