Mahasiswa Prodi Informatika Membuat Aplikasi Virtual  Lab Pengenalan Komponen Mesin Berbasis Animasi  & Multimedia

Mahasiswa Prodi Informatika Membuat Aplikasi Virtual Lab Pengenalan Komponen Mesin Berbasis Animasi & Multimedia

Proses Praktikum yang berguna mengajarkan para mahasiswa tentang simulasi dan pengerjaan alat sebelum turun kelapangan, pada era teknologi saat ini berkembang sebuah teknik laboratium berbentuk digital dengan proses simulasi berbasis animasi multimedia, dimana keadaan dilapangan dan karakteristik alat disesuaikan dengan keadaan sekitar dan menghindari resiko terjadinya kecelakaan ?yang bersifat kerugian materil, dengan bantuan sistem digital atau virtual? ini mampu menghemat tempat praktikum dan bisa menampilkan jenis dan karakteristik alat yang di simulasikan secara realtime, keuntungan dari metode virtual lab ini adalah bentuk simulasi yang ditampilkan dalam bentuk animasi dirasa lebih menarik dibandingkan dengan simulasi sistem konvensional dimana cara kerja alat dapat disimulasikan? sebagai contoh proses kelistrikan cara kerja motor mekanik alat dan lain-lain.? berdasarkan latar belakang belakang diatas Prodi Informatika? bekerja sama dengan Teknik Mesin Universitas Widyatama yang mejalin kerja dengan perusahaan dalam dan luar negeri memerlukan sebuah lab virtual sebagai salah satu proses pembelajaran, hal ini diperlukan karena Prodi Teknik Mesin tidak hanya bergerak dalam proses pembelajaran kendaraan bermotor tetapi mesin pada industri pesawat terbang.

Saat ini pengadaan mesin pesawat terbang untuk simulasi secara secara realtime dirasa sangat? sulit mengingat mesin pesawat masuk dalam ketegori mesin praktikum yang mahal dan tidak semua kampus mampu membeli mesin tersebut,? untuk mengakali kekurangan tersebut pihak Prodi ?Informatika dan Teknik mesin menjalin kerjasama dengan PT.Dirgantara Indonesia dalam proses pelatihan dan sertifikasi berbasis kompetensi dimana PT.DI bersedia memfasilitasi tempat praktikum dan sudah mulai berjalan, solusi tersebut masih memiliki kekurangan dimana daya tampung tempat praktikum masih terbatas karena disuaikan dengen jumlah mahasiswa sehingga dilakukan proses penjadwalan secara berkala, berdasarkan hal tersebut sistem lab berbasis virtual sangat diperlukan oleh? prodi teknik mesin sehingga masa tunggu jadwal praktikum bisa diisi oleh mahasiswa yang menunggu jadwal praktikum? melalui kegiatan dan simulasi cara kerja mesin yang tidak hanya pada mesin pesawat terbang tetapi? bisa juga disesuaikan dengan untuk keperluan simulasi motor listrik, kendaraan roda empat dan roda dua hingga mesin pada industri perkapalan.

 

Keuntungan Menggunakan virtual lab

  • Mahasiswa dapat mengeksplorasi, memanipulasi, meninjau, dan mengubah sebuah karya sebelum hasil fisiknya dibangun.
  • Penggunaan VR sudah diterapkan di banyak sektor, seperti otomotif, kesehatan, retail, pariwisata, dan arsitektur.
  • Menurut penelitian dari University of Maryland, lingkungan imersif seperti pada VR akan menghasilkan daya ingat yang lebih baik dalam pembelajaran pengetahuan.
  • Menurut penelitian yang sama, lingkungan imersif seperti VR dapat meningkatkan empati dan pemahaman mengenai sebuah peristiwa yang terjadi.
  • Sudah tersedia banyak peralatan penunjang VR dari yang murah seperti Google Cardboard sampai yang berspesifikasi tinggi seperti Daydream dan Samsung Gear VR.

 

Spesifikasi minimal Komputer/Laptop:

  • Resolusi layar 1366 x 768 (Rekomendasi Full HD 1920 x 1080).
  • Prosesor Intel Core i3 (Rekomendasi Core i5 ke atas).
  • RAM 4GB (Rekomendasi 8GB).
  • Sistem operasi Windows atau MacOS.

1.2 Komponen Software & Hardware

Proses pembuatan Lab Virtual membutuhkan bebera faktor pendukung yaitu dari segi software dan Hardware, kemudian yang terakhir membuat susunan lab virtual sesuai dengan RPS dan capaian pembelajaran teknik mesin agar sebuah lab virtual mampu memberikan sebuah gambaran yang detail dan mewakili proses dan kerja alat secara realtime. sistem virtual lab akan dibuat berbasis multimedia dan animasi sehingga menjadi lebih menarik detail hardware dan sotftware tersebut adalah sebagai berikut:

Simulasi Mesin Kendaraan
Gambar 1.1 Simulasi Mesin Kendaraan
simulasi mesin
Gambar 1.2 simulasi mesin

Pada gambar? diatas adalah rancangan dan? gambar blue print mesin, pada gambar tersebut secara detail dijelaskan ?cara kerja mesin pesawat bebasis turbojet lengkap dan detail.? gambar ditampilkan dua bagian yaitu konsdisi saat mesin dinyalakan dan yang kedua komponen pendukung mesin turbojet, pada lab virtual mahasiswa ?akan lebih memahami cara kerja mesin pesawat sebelum praktikum secara realtime dan diharapkan mahasiswa memahami konsep keselamatan kerja pada leboratorium dan berkerja secara disipilin dan rapih bedasarkan pedoman K3.