Mahasiswa Prodi Informatika Membuat Sistem Informasi Pengelolaan Data Donatur Lembaga Amil Zakat Nasional Berbasis CRM

Pengelolaan data donatur yang seiring waktu berjalan bertambah banyak adalah sebuah tantangan tersendiri bagi lembaga amil zakat, dimana lembaga membutukan sebuah system strategi bisnis menyeluruh yang memungkinkan lembaga tersebut secara efektif bisa mengelola hubungan dengan para donaturnya. Oleh karena itu, penerapan CRM pada suatu lembaga amil zakat sangat penting untuk menarik minat donatur, serta mempertahankan pelanggan yang ada agar tetap setia pada jasa atau produk yang ditawarkan perusahaan tersebut. Hal ini diyakini kerena dengan memanfaatkan CRM perusahaan akan mengetahui apa yang diharapkan dan diperlukan pelanggannya sehingga akan tercipta ikatan emosional yang mampu menciptakan hubungan bisnis yang erat. Dalam sebuah pelayanan pada lembaga sosial, peranan CRM juga sangat penting diterapkan untuk memberikan informasi yang akurat, karena kemudahan dan hasil yang maksimal menjadi prioritas yang selalu diutamakan.

Oleh karena itu perlu adanya sistem informasi yang dibuat untuk dapat menarik hati para donatur agar tetap setia dan merasa benar-benar diperhatikan oleh lembaga, sehingga dapat terjalin suatu hubungan yang erat, dimana kedua belah pihak yaitu para donatur dan lembaga benar-benar merasa memiliki satu dengan yang lain. Penelitian ini merujuk pada penelitian tentang analisa dan perancangan Customer Relationship Management pada pengelolan data donatur untuk meningkatkan kepuasan dan mempertahankan kualitas pelayanan, Sistem informasi CRM yang dibangun merupakan perangkat lunak untuk memberikan informasi jasa pelayanan transaksi donasi dan informasi program yang berjalan di lembaga amil zakat DT PEDULI. Sistem ini juga mengelolaan data yang terkait dengan pengelolaan data transaksi donasi dalam sistem donasi online. Berdasarkan uraian di atas maka dibuat Analisa dan

Proses ini meliputi beberapa tahap, dan akan dibahas pada beberapa subbab dibawah ini. Setelah sistem infrastruktur hendak dikembangkan selesai dianalisa dan di desain, tahap selanjutnya adalah implementasi. Tahap implementasi bertujuan supaya sistem siap dioperasikan sesuai dengan kebutuhan.

Berikut ini adalah alur implementasi otomasi infrastruktur dengan ansible

secara keseluruhan :

  • Pembuatan server lokal di komputer
  • Instalasi Web Server
  • Pembuatan Database dan Konfigurasi File
  • Pembuatan Program menggunakan CodeIgniter
  • Pengujian pada server untuk menjalankan CRM
  • Dashboard CRM, halaman dashboard dibuat untuk melihat semua data secara sederhana dalam 1 halaman

Gambar 1. Dashboard CRM

  • Module User & Grup, untuk mengatur user dan grup yang dapat login atau masuk ke dalam sistem CRM

Gambar? 2. Manajemen User dan Grup

Dengan adanya sistem informasi tersebut yang dilakukan di Lembaga DT PEDULI dapat disimpulkan bahwa? Sistem CRM dapat memudahkan dalam pengelolaan atau maintenance donatur dalam hal informasi program donasi. sistem ini dapat meningkatkan efisiensi marketing yang berdampak pada penurunan dari segi waktu dan biaya proses. keuntungan pada pihak donatur yang ingin mengetahui lebih dalam tentang history donasinya dan mendapatkan segala informasi detail program yang ingin diketahui donatur tersebut.