Mahasiswa Prodi Informatika Mendesain &  Mengimplementasikan Smart Farming System Pada Kebun Hidroponik

Mahasiswa Prodi Informatika Mendesain & Mengimplementasikan Smart Farming System Pada Kebun Hidroponik

Hidroponik merupakan salah satu metode bercocok tanam yang dapat menjadi solusi bagi keterbatasan lahan pertanian. Pada metode ini, tanaman yang tumbuh memperoleh nutrisi, oksigen dan air melalui sirkulasi air yang dalam dosis dan debit yang dikontrol agar mampu mengoptimalkan perkembangan tanaman. Kadar nutrisi tersebut dinyatakan dalam kadar ion hidrogen (pH) dan konduktifitas elektrik (EC). Keduanya menjadi variabel penting yang? nilainya perlu dikontrol ?secara terus-menerus.

Pada Penelitian ini membahas implementasi Smart Farming System pada perkebunan hidroponik yang memanfaatkan komunikasi data jarak jauh melalui internet. Pada perkebunan hidroponik, algoritma kontrol diprogramkan pada micro controller Arduino Uno dengan pH Meter dan EC Meter sebagai variabel pengukuran, serta laju debit air yang dipompakan serta dosis pupuk sebagai variabel kontrolnya.

Untuk memantau seluruh kondisi pengontrolan, sebuah sistem informasi berbasis website? dikembangkan dengan framework bahasa pemrograman PHP yaitu CodeIgniter dan MySQL sebagai basis data. Web server ini dapat diakses oleh operator yang berada jauh dari perkebunan untuk memantau variabel proses dan mengubah set point. Web server ini direalisasikan berdasarkan konsep Internet of Things, dan menggunakan ?modul komunikasi Ethernet Shield dan protokol komunikasi Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Efektivitas komunikasi data dianalisis dan dikuantifikasi untuk menghasilkan rekomendasi pengembangan lanjut sistem Internet of Things di bidang kontrol proses, khususnya untuk meningkatan kualitas pertanian hidroponik.