Mahasiswa Teknik Informatika UTama Kembangkan Game Untuk Mendukung Edukasi Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile

Mahasiswa Teknik Informatika UTama Kembangkan Game Untuk Mendukung Edukasi Pembelajaran Matematika Berbasis Mobile

Oleh :

Syam Haidar Fawzi

Azizah Zakiah, S.Kom., M.T.

?

Game yang berkembang begitu pesat dan ?game ini sangat populer di berbagai kalangan, baik itu orang dewasa, remaja, dan anak-anak. Selain dari hiburan, permainan juga dapat digunakan sebagai alat belajar dan untuk meningkatkan kemampuan belajar siswa. Model pembelajaran Realistic Mathematical Education (RME) adalah model pembelajaran yang menekankan penyelesaian masalah informal sebelum menggunakan metode formal menggunakan media atau alat seperti permainan, lagu, dan lainnya. Belajar dengan lingkungan yang kondusif dan menyenangkan diharapkan dapat menumbuhkan motivasi dan meningkatkan minat belajar siswa. Belajar dengan game edukasi adalah aplikasi model pembelajaran RME dengan bantuan media dalam bentuk game.

Gambar 1.1 tampilan aplikasi game edukasi

 

Selain itu, perkembangan ponsel sangat cepat setiap tahunnya dan begitu juga jumlah pengguna ponsel sangat banyak dengan minat yang tinggi pada ponsel. Penggunaannya yang mudah dan juga bisa dibawa saat bepergian menjadikan ponsel sangat favorit. Pengembangan game edukasi berbasis mobile dilakukan untuk memfasilitasi mereka yang ingin belajar dengan bermain game dan dapat belajar dimana saja. Penelitian dalam mengembangkan game edukasi ini adalah dengan menerapkan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC), metode ini terdiri dari enam tahap yaitu Konsep, Desain, Pengumpulan Bahan, Pembuatan, Pengujian, dan Distribusi. ?Penelitian ini untuk membuat media pembelajaran interaktif antara pengguna dan game. Penulis memilih game mobile karena banyaknya pengguna ponsel dan penggunaannya yang mudah, diharapkan dapat membantu siapa saja yang ingin belajar di luar sekolah seperti di rumah atau di tempat lain.

Gambar 2 . tampilan halaman bermain

Pertanyaan latihan yang diberikan adalah pertanyaan tentang matematika bangun ruang yang tersedia dimenu belajar. Setiap pertanyaan yang dijawab dengan benar, pengguna akan mendapatkan skor 10 dan untuk pertanyaan dengan jawaban yang salah tidak akan mendapatkan skor atau skor 0. Skor akan disimpan dan dapat dilihat untuk meninjau kemajuan hasil pembelajaran pengguna.

Gambar 3? tampilan utama Game

Gambar 3 adalah tampilan menu belajar yang menampilkan beberapa pilihan bangun ruang,

Jika pengguna ingin belajar terlebih dahulu tentang karakteristik dan rumus, maka pengguna dapat memilih menu belajar. Menu belajar akan menampilkan pilihan bangun ruang yang ingin dipelajari pengguna. Setiap bangun ruang yang dipilih akan menampilkan pilihan pelajaran tentang bangun ruang yang dipilih seperti karakteristik sifat, rumus keliling, rumus volume, rumus luas permukaan, dan contoh pertanyaan dari masing – masing rumus. Bangun ruang yang tersedia saat ini adalah kubus, balok, tabung, prisma segitiga, limas segitiga, limas segiempat dan kerucut yang merupakan pengantar awal untuk matematika bangun ruang.

Pengembangan aplikasi pendidikan game mobile ini adalah aplikasi ini dapat membantu pengguna dalam mempelajari matematika bangun ruang dengan menggunakan media game sebagai alat bantu belajar. Aplikasi ini dibuat untuk memberikan pembelajaran bangun ruang untuk sekolah dasar, aplikasi ini dapat memberikan pembelajaran geometri matematika dengan menjelaskan karakteristik sifat, perhitungan rumus, dan contoh masalah untuk dapat membantu pengguna dalam menyelesaikan soal – soal latihan yang ada pada pembelajaran formal. Aplikasi ini juga dapat memberikan pertanyaan latihan dalam bentuk kuis yang akan menampilkan hasil pekerjaan masing – masing pengguna.