Sistem Navigasi Mobil Untuk Pengemudi Pemula Menggunakan Konsep Jaringan Sensor Nirkabel

Sistem Navigasi Mobil Untuk Pengemudi Pemula Menggunakan Konsep Jaringan Sensor Nirkabel

Sistem Navigasi Mobil Untuk Pengemudi Pemula Menggunakan Konsep Jaringan Sensor Nirkabel

Oleh:

Muhammad Ihsan Fadhil

Fakultas Teknik Informatika Universitas Widyatama

Perkembangan teknologi dalam tranportasi saat ini sudah berkembang pesat membuat produsen kendaraan bermotor saling berlomba menciptakan inovasi kendaraan untuk memberi kemudahan pada konsumen. Oleh karena itu, pertumbuhan angka kepemilikan kendaraan bermotor di dunia semakin tinggi, begitu pula di Indonesia. Salah satu jenis kendaraan bermotor yang angka kepemilikannya cukup tinggi adalah mobil.

Sketsa Dan Perancangan Alat Navigasi Mobile 2
Sketsa Dan Perancangan Alat Navigasi Mobile

Sketsa Dan Perancangan Alat Navigasi Mobile

Dengan tingginya angka kepemilikan kendaraan bermotor maka tinggi pula angka kecelakaan di jalan. Berdasarkan statistik Korlantas Polri ?pada caturwulan pertama 2018 terjadi 24935 kecelakaan di jalan. Oleh katena itu, dibutuhkan sistem dimana kendaraan tersebut dapat memberikan informasi tentang kondisi berkendara pada pengemudi, terutama pengemudi pemula, karena pengemudi pemula belum peka terhadap kondisi dan situasi yang ada. Salah satu solusi dalam membuat sistem tersebut adalah Jaringan Sensor Nirkabel.

Perakitan Sensor Navigasi

Jaringan Sensor Nirkabel adalah teknologi nirkabel yang terdiri dari kumpulan node sensor yang tersebar di suatu area tertentu. Tiap node sensor memiliki kemampuan untuk mengumpulkan data dan dapat berkomunikasi dengan node sensor lainnya. ?Dengan menggunakan konsep ini tidak hanya membuat mobil dapat memberi informasi jarak mobil dengan menggunakan suara sistem ini ?juga konsep ini membuat sistem dapat dengan mudah digunakan pada setiap jenis mobil.

Pengujian Sistem Navigasi
Pengujian Sistem Navigasi

Pembuatan sistem navigasi berbasis suara mobil ini cukup membantu pengemudi mobil pemula untuk dapat menguasai situasi lingkungan sekitar mobil, terutama pada lingkungan jalan yang sempit. Dengan menggunakan sensor ultrasonic yang disebar pada setiap sisi mobil, sistem dapat membaca jarak mobil dengan objek disekitar mobil, sehingga pengemudi mobil pemula dapat mengontrol situasi dengan tepat.

Dengan menggunakan konsep jaringan sensor nirkabel, instalasi sistem navigasi mobil ini dapat dilakukan dengan mudah ?karena pengguna tidak perlu melakukan pengabelan. Oleh karena itu, sistem ini digunakan pada semua jenis mobil, baik mobil yang sudah memiliki teknologi modern sampai mobil model lama. Dengan menggunakan teknologi WiFi, setiap bagian sistem dapat saling terhubung meskipun setiap bagian disebar pada bagian mobil.

Referensi :

  1. Korlantas Polri, 2018, Statistik Kecelakaan Lalu Lintas, korlantas.polri.go.id/statistik-2 diakses pada tanggal 25 Mei 2018, pukul 20.00.
  2. utfi, Ardiyanto dan Raden Sumiharto, 2012, Implementasi Jaringan Sensor Nirkabel Berbasis Xbee Studi Kasus Pemantauan Suhu dan Kelembaban , Yogyakarta, UGM Yogyakarta